Mengenal Jenis Wiper Mobil Dan Cara Merawatnya

Wiper kaca mobil merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk membersihkan kaca dari embun dan air yang dapat menghalangi pandangan pengemudi. Alat ini merupakan komponen yang sangat penting bagi pengemudi. Pasti pengendara mobil sudah tidak asing lagi dengan alat tersebut.

Saat musim hujan, alat ini tentu sangat dibutuhkan bagi pengendara mobil untuk membersihkan kaca mobil agar tidak buram. Jadi, meskipun bentuknya mini dan terkesan sepele, alat ini sangat bermanfaat. Ada beberapa jenis wiber dan cara merawatnya yang akan diulas dalam artikel ini.

Jenis-jenis Wiper Mobil

Wiper Jenis Refill
Saat kondisinya sudah mulai tak layak untuk digunakan Anda bisa mengganti ban wiper ini. Hal inilah yang membuat wiper tersebut disebut wiper refil. Jadi, bagi Anda yang suka dengan segala barang yang bersifat refil bisa mencoba menggunakan jenis wiper ini pada mobil Anda.

Pada waktu Anda ingin mengganti bannya jangan lupa untuk memperhatikan ukuran karetnya. Ini supaya ban tetap sesuai dengan standar kerangkanya. Sehingga, saat dipasang tetap berfungsi sebagaimana asalnya.

Apalagi mengingat wiper mobil yang tidak berfungsi dengan baik tentu akan sangat membahayakan bagi pengemudi mobil. Kaca mobil yang terlihat buram dapat mengganggu pandangan pengendaranya.

Wiper Full Frame
Jenis wiper yang satu ini sering dilihat pada mobil keluarga yang dipakai sehari-hari. Daya tahan pada wiper ini juga lebih kuat sebab mempunyai gagang besi yang cukup kokoh. Mengingat akan jal tersebut, tidak heran jika banyak yang menggunakan wiper jenis ini.

Gagang besi wiper yang sangat kokoh padanya juga dapat membantu wiper saat membersihkan kotoran yang terdapat di dalam kaca. Walaupun di sisi lain, gagang ini juga dapat membahayakan kaca depan mobil saat karet wiper sudah mulai menipis.

Maka dari itu, Anda harus selalu memperhatikan kondisi wiper ini agar tidak berbahaya dan mencelakakan pengemudi saat digunakan. Terlebih, saat Anda berjalan jauh di musim hujan keadaan kendaraan harus selalu diperhatikan. Jika lalai sedikit saja, maka bisa membahayakan keselamatan.

Wiper Konvensional
Jenis wiper mobil ini sering ditemui pada keluaran mobil lama yang masih digunakan saat ini. Mobil keluaran terbaru sangat jarang menggunakan jenis wiper ini. Meski demikian, mencari wiper ini bukan hal yang sulit. Namun, ternyata wiper ini sudah tidak banyak diminati.

Bahan untuk membuat wiper kaca yang satu ini terdiri atas bracket dan karet. Karet pada wiper in merupakan komponen yang sangat penting saat menjelang hujan, karena berfungsi membersihkan kaca dari air. Air tersebut tentu dapat menghalangi pandangan pengendara saat melajukan mobilnya

Karet wiper tipe konvensional menggunakan gagang besi sebagai rangka karet wiper, sehingga karet wiper ini tidak akan bisa mengikuti lekukan mobil. Akibatnya, masih ada bagian yang tidak tersentuh.

Air hujan juga tidak akan mampu tersapu secara sempurna. Alasan tersebut membuat jenis wiper ini sekarang sudah tidak banyak digunakan lagi.

Wiper Flat-Blade
Jenis wiper yang satu ini bisa dibilang cukup simple dan ringan. Hal ini karena penyangga dari wiper jenis flat-blade ini hanya didukung penyangga kecil pada bagian tengahnya. Sehingga, tidak heran jika wiper ini cukup simple dan ringan, namun sangat bermanfaat terutama bagi pengendara.

Komponen Nya terdiri dari sebagian besar material yang bahan dasarnya terbuat dari karet, namun tetap terdapat besi pipih yang digunakan sebagai material selipan. Ini digunakan untuk mempertangguh kekuatan yang dimiliki saat menyapu air pada kaca mobil.

Kelebihan dari jenis wiper kaca mobil ini adalah lebih ringan, sebab terdapat desainnya sederhana. Selain itu, desain flat bade mengikuti bentuk kaca, jadi sapuannya pun lebih maksimal.

Wiper Frameless
Frameless merupakan jenis wiper mobil yang memiliki bingkai terbuat dari bahan jenis plastik. Karet yang terdapat pada jenis wiper ini ternyata jika disentuh memiliki permukaan yang lebih halus dibandingkan jenis wiper yang lainnya, sehingga cara kerjanya juga lebih bagus dari wiper yang lain.

Pada jenis wiper full frame, kaca Anda bisa terkena risiko lecet akibat bingkai yang terbuat dari besi. Namun, pada wiper jenis frameless ini Anda bisa lebih tenang sebab risiko lecet akan hilang dari pikiran Anda saat menggunakannya. Ini merupakan salah satu kelebihan penting jenis wiper tersebut.

Kekurangannya adalah, saat karet wiper jenis frameless menipis Anda tidak dapat menggantinya secara langsung. Hal ini karena karet wipernya tidak bisa diganti sebagian Dengan ini, Anda butuh budget lebih untuk membeli seluruh komponen wiper agar bisa tetap berfungsi dengan baik saat digunakan.

Wiper Hibrida
Wiper kaca mobil ini memiliki keunikan tersendiri sebab merupakan suatu produk yang memadukan wiper konvensional dan wiper flat-blade. Jika melihat tampilannya sekilas, wiper ini mirip wiper konvensional sebab menggunakan frame besi.

Komponen yang dimiliki berupa bracket dan holder plastik, sehingga saat menggunakannya Anda akan mendapatkan hasil dari pembersihan kaca yang optimal. Selain itu, sepanjang rangkanya dibungkus dengan plastik dan karet knockdown sebagai spoiler udara agar aerodinamis.

Kelebihan dari jenis wiper mobil ini diantaranya lebih kuat, lebih ringan, aerodinamis, dan mampu menghasilkan sapuan kotoran dan air lebih sempurna. Pendapat dari beberapa orang mengatakan wiper ini mempunyai tekanan kaca lebih kuat dari jenis yang lain sehingga banyak yang mencarinya.

Seluruh kotoran yang menghalangi kaca mobil depan akan mudah dihilangkan dan Anda bisa mengendarai mobil dengan lancar. Anda tidak perlu takut pandangan akan terhalang oleh kotoran yang menempel maupun air yang menghalangi pandangan melalui kaca depan.

Cara Merawat Wiper Pada Mobil

Saat curah hujan tinggi, berkendara dengan kondisi demikian tentu sangat membahayakan sebab jarak pandang yang terbatas akibat derasnya hujan. Agar tetap aman saat berkendara Anda harus merawat wiper dengan baik supaya dapat berfungsi secara maksimal, dan Berikut caranya.

  1. Berhati-Hati Saat Mencuci Wiper
    Cara mencuci wiper kaca yang benar adalah jangan bilas karet wiper dengan sabun cuci mobil. Cukup siram dengan air bersih dan jangan lap permukaan karetnya.
  2. Menjaga Elastisitas karet wiper
    Bagian karet merupakan bagian yang berfungsi untuk menghalau air hujan menutupi kaca mobil. Oleh sebab itu, Anda harus menjaga elastisitasnya dengan tidak terlalu sering memarkirkan mobil ditempat panas sebab hal itu akan berdampak pada karet.
  3. Isi ulang cairan pada wiper secara rutin
    Anda perlu mengisi cairan pada wiper secara rutin saat hampir habis agar tetap bisa digunakan dengan baik. Dalam hal ini perlu diketahui bahwa pada wiper modern yang banyak digunakan saat ini dilengkapi dengan cairan pembersih yang membuat kinerja wiper semakin maksimal.
  4. Jaga kebersihan
    Wiper kaca yang kurang bersih dengan adanya beberapa partikel halus yang tersangkut di karetnya akan mengakibatkan timbulnya noda pada kaca. Namun jangan khawatir cara mengatasinya adalah dengan membasahi kanebo atau lap bersih dengan menggunakan tambahan sedikit alkohol dan gosok ke bagian karet wiper untuk membersihkannya.

Sumber: suzuki.co.id

Write a comment